Curug Cijalu, Wisata Curug Terpopuler di Kabupaten Subang

WisataSubang.com - Curug Cijalu merupakan salah satu tempat wisata yang paling populer di Subang. Tempat Wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Terutama saat hari libur, Kawasan Wisata Curug Cijalu akan dipadati oleh pengunjung yang ingin menikmati keindahan alamnya. 

Nama Curug Cijalu telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun sebenernya nama Curug yang selalu ramai dikunjungi ini adalah Curug Cikondang. Curug Cijalu sendiri berada di balik bukit sebelah timur Curug Cikondang. Justru Curug Cijalu yang asli jarang dikunjungi oleh pengunjung, pasalnya lokasi wisata ini cukup tersembunyi dan medan yang harus ditempuh untuk mencapai Curug Cijalu lumayan berat. 

Perbedaan Curug Cijalu dan Curug Cikondang yaitu diatas Curug Cikondang terdapat aliran sungai, sedangkan untuk Curug Cijalu diatasnya langsung mata air. Dan Mata air yang berada di atas Curug Cijalu merupakan hulu sungai Cilamaya. Disekitarnya juga terdapat sebuah Curug yang bernama Curug Cilamaya. Kemudian aliran dari Curug Cijalu, Cikondang dan Cilamaya ini menyatu dan membentuk sungai Cilamaya. Sungai inilah yang memisahkan antara Kabupaten Subang dan Kabupaten Purwakarta. 


Curug Cijalu
Doc @51wan_gun - wisatasubang.com

Curug Cijalu


Berdasarkan cerita yang beredar di Masyarakat. Penamaan Curug Cijalu bermula saat pada zaman dahulu kala ada seorang pendekaran (jawara) datang ke kawasan Curug dan menetap disana. Anehnya pendekar itu memiliki taji (jalu), dari situlah masyarakat sekitar menyebut Curug Itu dengan nama Cijalu.

Curug Cijalu memiliki ketinggian lebih dari 70 meter. Tumpahan air dari curug cijalu ini mengalir deras hingga membelah bukit di puncak Gunung Sunda, ketinggian gunung tersebut sekitar 1300 meter di atas permukaan laut.  

Kawasan Curug Cijalu telah dibuka sejak 1 September 1984. Menurut cerita warga sekitar, dahulu banyak orang keturunan Tionghoa yang berkunjung ke Curug untuk melakukan ritual/ doa. Mereka meyakini bahwa di Curug cijalu ini adalah tempat mandinya para bidadari. 

Curug Cijalu merupakan wisata subang yang berada dalam kawasan Cagar Alam Gunung Burangrang aau Cagar Alam Gunung Sunda yang memiliki luas 2 Ha dan termasuk di hutan produksi blok Cijengkol KPH Bandung Utara BPKH Wanayasa, RPH Tangkuban Perahu. Konfigurasi lapangan umumnya bergelombang dengan curah hujan sekitar 2.700 / th dan suhu udara berkisar 18 – 26 Celcius. Selain Curug Cijalu dikawasan ini juga terdapat Curug lain yng lebih tinggi. Nama Curug tersebut adalah Curug Cilemper. Jarak Curug Cijalu ke Curug Cilemper sekitar 1500 meter. 

Harga Tiket Curug Cijalu


Untuk menikmati semua keindahan yang Curug Cijalu. Pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000.

Fasilitas Curug Cijalu


Dikawasan Wisata Curug Cijalu terdapat fasilitas warung makan dan minum, loket karcis, pos penjaga, tempat parkir, tempat sampah, tempat duduk, mushola, instalas air, shelter. Serta  terdapat pula lapangan yang biasa digunakan untuk kegiatan camping para pengunjung. 

Lokasi Curug Cijalu


Secara administratif Curug Cijalu berada di Desa Cipancar, Kecamatan Sagala Herang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. 

Peta dan Koordinat GPS: -6° 42' 43.00", +107° 35' 49.00"


Akses Menuju Curug Cijalu


Jarak Objek wisata Curug Cijalu dari kota Subang sekitar 37 KM (1 jam perjalanan) atau sekitar 50 KM dari Kota Bandung (1,5 jam perjalanan). Sedangkan dari purwakarta sekitar 25 km kea rah wanayasa. Kondisi jalan menuju wisata relatif bagus, hanya saja ada beberapa ruas jalan yang sedikit rusak namun tetap bisa dilalui oleh kendaraan, baik itu kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua. 


Curug Cijalu
Doc @51wan_gun - wisatasubang.com

Rute Ke Curug Cijalu


Bagi Kamu yang ingin menggunakan kendraaan umum dari Purwakarta naik Angkot 01 jurusan Pasar Rebo. Kemudian dari Pasar Rebo perjalanan dilanjutkan dengan menaiki elf jurusan Wanayasa. Turu di Pasar Wanayasa. Selanjutnya dari pasar tersebut perjalanan diteruskan dengan naik ojek atau Colt carteran sampa ke pintu gerbang 1 Taman Wisata Alam Curug Cijalu. Ongkos ojek berkisar Rp. 15.000 sampai 25.000 per orang. 

Jika dari arah Wanayasa (jalan yang menghubungkan purwakarta dan subang), sekitar 5 KM setelah pasar Wanayasa, tepatnya dipangkalan ojek Kampung Lebgok Barong, Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes ambil arah akan memasuki Jl.Desa kea rah Desa Cipancar. Ikuti terus, jarak Curug Cijalu dari pangkalan ojek tersebut kurang lebih sekitar 4 Km. Arah / Petunjuk yang mengarah ke Curug Cijalu sudah jelas dan kondisi jalan masuknya pun beraspal. 

Itu saja yaaa, informasi yang bisa wisatasubang.com bagikan seputar Curug Cijalu. Tetap jaga keselamatan, kebersihan, kenyamanan dan mari kita rayakan keindahan semesta dengan cara bijak. Lestari subangku dan terus maju. 


EmoticonEmoticon