Arya Wangsa Goparana, Penyebar Agama Islam di Subang

WisataSubang.com - Sejarah Singkat Arya Wangsa Goparana - Arya Wangsa Goparana merupakan tokoh penyebar Islam di Sagalaherang, Subang. Tokoh ini merupakan putera dari Sunan Wanaperi, raja kerajaan Talaga (Majalengka). Di Talaga, Arya Wangsa Goparana merupakan orang pertama yang memeluk agama Islam dan mendapatkan pelajaran dari Sunan Gunungjati. 

Pada tahun 1530 beliau mengadakan perjalanan ke arah barat. Tujuan perjalannya yaitu menyebarkan agama Islam. Adapun wilayah penyebaran agama Islam tersebut meliputi wilayah Subang, Pagaden, Purwakarta, Cianjur, Sukabumi, dan Limbangan. Kemudian setelah berkelana dalam rangka menyebarkan agama Islam, beliau memutuskan untuk menetap di wilayah Sagalaherang, Subang. 

Arya Wangsa Goparana memiliki lima orang putera yaitu Yudamanggala, Cakradiparana, Yudanegara, Wiratanudatar, Djajasana. Keturunannya tersebut banyak yang menjadi tokoh penting seperti menjadi ulama besar dan bupati. Salah satu dari putra Wangsa Goparana yang menjadi tokoh penting adalah Djajasasana atau Raden Wiratanu yang menjadi bupati pertama di Kabupaten Cianjur.

Sebagai tokoh besar penyebar Agama Islam, Arya Wangsa Goparana sangat terkenal. Terutama masyarakat Kabupaten Subang yang berada di sekitar Sagalaherang. Bahkan pemerintah Kabupaten Subang pun menjadikan Arya Wangsa Goparana sebagai nama jalan di pusat Kota Subang, tempat dimana Masjid Agung Subang berada. 

Makam Arya Wangsa Goparana - Doc kotasubang.com

Alamat / Lokasi Makam Aria Wangsa Goparana

Lokasi makam Aria Wangsa Goparana berada di Blok Karang, Nangka Beurit, Desa Sagalaheran Kaler, Kecamatan Sagalaherang. Karena makam ini berada di Blok Karang Nangka Beurit, maka situs ini lebih dikenal dengan sebutan keramat Nangka Beurit. Komplek maka berada di ujung kampung dekat area pesawahan. 

Alamat Lengkap 

 Desa Sagalaherang Kaler, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang. 

Aksebilitas 

Untuk menuju lokasi makam Arya Goparana diawali dengan gerbang masuk berbentuk gapura. Kemudian melewati jalan setapat. Kondisi jalan sudah diplester. Kemungkinan jika sedang musim hujan sedikit licin namun tetap masih aman dan nyaman untuk dilalui.

Referensi :


EmoticonEmoticon